Rabu, 30 September 2009

Pengertian dan Ruang Lingkup Proyek

Proyek adalah suatu jenis program yang disusun secara terperinci sebagai suatu bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dan didalamnya secara konkrit ditetapkan tujuan dan hasil yang akan dicapai, lokasi jelas, organisasi pelaksana, biaya dan jadwal waktu serta anggarannya tertuang dalam suatu dokumen.
Proyek skala kecil ataupun besar, proyek komersial ataupun pelayanan umum. Contoh: Pembangunan pelabuhan, pembangunan bandar udara disebut proyek.
Tujuan, Suatu proyek biasanya mempunyai suatu aktivitas yang berlangsung dlam waktu tertentu dengan hasil akhir tertentu. Proyek dapat dibagi dalam sub-sub pekerjaan yang harus diselesaikan untuk memcapai tujuan proyek secara keseluruhan.
Kompleksitas, Proyek biasanya melibatkan beberapa fungsi organisasi karena diperlukan bermacam-macam keahlian dan bakat dari berbagai disiplin ilmu.
Keunikan, Suatu proyek mempunyai ciri tersendiri yang berbeda dari apa yang sudah dikerjakan sebelumnya.
Tidak permanent, Proyek adalah aktivitas temporer artinya suatu proyek memiliki batasan waktu tertentu.
Ketidakbiasaan, Proyek biasanya menggunakan teknologi baru dan memiliki elemen yang tidak pasti dan beresiko.
Siklus Hidup, Selama proses, proyek akan melewati beberapa fase yang disebut siklus hidup proyek


Batasan suatu proyek
Batasan proyek terdiri atas 3 hal yaitu :
Ruang Lingkup
Waktu
Dana
Penjelasan
Ruang Lingkup
Ruang lingkup proyek meliputi tata cara untuk menentukan waktu proyek dimulai, perencanaan lingkup proyek yang akan di garap, pendefinisian ruang lingkup proyek, verifikasi proyek serta kontrol atas perubahan yang mungkin terjadi saat proyek tersebut di mulai.
Waktu
Meliputi tata cara mendefinisikan suatu aktifitas, menentukan urutan-urutan kejadian atas proyek, mendefinisikan durasi/lama waktu dari setiap pekerjaan, pengembangkan suatu skedul serta merencanakan kontrol atas skedul tersebut
Dana
Meliputi tata cara untuk merencanakan sumber dana proyek, mengestimasikan harga dan sumber daya, mendefinisikan budget, serta mengontrol keuangan

1 komentar:

  1. ada sang taufik disini toh...!!!
    cukup bgus karangan anda

    BalasHapus