Jumat, 19 Februari 2010

ringkasan film I ROBOT

Film I Robot, setting menggambarkan suasana
tahun 2035 di kota Chicago, Amerika Serikat,
kehidupan sudah berubah dari mulai gaya hidup
sampai bentuk pelayanan publik . Semua pelayanan
publik digantikan tenaga robot. Manusia hanya
sebagai tuan atau majikan dan tiap hari 1000 robot
pada perusahaan USR di perebutkan banyak orang
dijadikan pelayan , pembantu rumah tangga maupun
pekerja.
Cerita diawali dengan meninggalnya Dr. Lennin
pencipta robot yang diduga bunuh diri dengan cara
terjun dari apartemen . Bersama rekan Dr. Lennin
yaitu Dr. Calvin ( Bridget Moynahan) , detektif
Spooner ( Will Smith ) curiga bahwa kematian Dr.
Lennin bukan karena bunuh diri, melainkan dibunuh.
Dan ternyata yang dicurigai adalah robot Sonny.
Robot Sonny sempat ditangkap dan diinterogasi dikantor Polisi, tapi dibebaskan lagi dengan alasan sudah ada cyberlaw bahwa robot tidak boleh membunuh manusia.Detektif Spooner berkunjung kepembuatan robotUSR bersama dengan Dr. Calvin mencari robot Sonny dan sempat menembak dua robot yang disaksikan ratusan robot. Hal itulah yang menyebabkan semua robot ingin balas dendam. Detektif Spooner diserang ratusan robot, salah satu robotmengetahui bahwa tangan detektif Spooner ternyata terbuat dari robot. Akhir cerita otak dari keberingasan robotmelawan manusia adalah Alfred. Alfred memaksarobot Sonny membunuh Dr. Lenin. Robot Sonny sempat menolak karena robot tidak boleh membunuh manusia yang tertulis dalam cyberlaw. Alfred punyaambisi menguasai robot tapi terbunuh oleh robot –robot itu.
Dalam film I Robot, hidup manusia seakan-akan lebih mudah karena peradaban tinggi (highcivilization) melahirkan teknologi tinggi (high tech),komunikasi global (global communication), digitalisasi, cloning, rekayasa genetika, dan teknologi informatika. Dimana cyborg difungsikan sebagaimana manusiatetapi diposisikan sebagai budak manusia yang dibuat peraturan dilarang membunuh manusia. Secara perlahan tetapi pasti, para manusia milenium itu terlena dengan segala kemudahan hidup,budaya konsumsi yang serba instan membuat mereka lupa bahwa hidup yang mereka hadapi mulai kabur dan tenggelam dalam realitas semu.



Dalam sudut pandang pelajaran interaksi manusia dan computer film irobot menggambarkan begitu canggihnya peradaban pada masa itu dimana robot yang sepenuhnya berisi rangkaian hardware yang dibentuk mirip tubuh manusia dan diprogram agar dapat menyerupai fungsi indra pada manusia.Sehinga dapat menerima input dan memberikan output yang lebih sempurna selayaknya seperti manusia sesungguhnya. Interaksi antara manusia dengan computer (Robot) sudah tidak ada batasan sebuah hubungan antara makhluk hidup dan benda mati bahkan robot tersebut mempuyai perasaan seperti manusia juga. Kemasan computer dalam bentuk robot merupakan tampilan yang sangat menarik dan mudah dilihat sebuah penemuan yang begitu membantu manusia dalam menjalani aktivitasnya. Di era ini robot sudah banyak diciptakan mulai dari robot yang berkerja mandiri ataupun dapat berinteraksi dengan manusia, namun semua masih dalam tahap pengembangan kearah yang lebih sempurna dan bukan tidak mungkin akan adanya masa seperti yang terjadi di film iRobot.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar